Berkat Kegigihan, Produk UMKM Pasaman Kipang Pulut ITA Bonjol Tembus Pasar Nasional

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Kipang Pulut ITA Bonjol merupakan salah satu produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) unggulan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, yang sukses tembus pasar lokal hingga Nasional.

Kipang Pulut ITA Bonjol dirintis oleh Zainal Abidin semenjak 14 Februari 2016 lalu yang beralamat di Pasar Senin Bonjol, Kabupaten Pasaman.

Menurut Zainal Abidin (33) yang biasa disapa Abid kepada Sabtu (03/02/2018) mengatakan omset ratusan juta yang diperolehnya merupakan hasil peras keringatnya selama dua tahun ini.

"Sepulang merantau dari Medan tahun 2016 lalu, mulai saya kembangkan produk Pulut Kipang ini dengan modal sendiri sebesar Rp.1 Juta dengan hasil 300 bungkus. Kemudian setelah di pasarkan ke Bukittinggi, tidak laku sama sekali alias rugi total. Namun semangat saya tidak putus sampai disitu, bulan Maret 2016 kembali dengan modal Rp.3 Juta. Alhamdulilah berkat kegigihan hari ke hari mengalami peningkatan. Sampai saat ini omset per bulannya sudah mencapai sekitar Rp.300 juta dengan keuntungan bersih sekitar Rp.20 juta," terang Abid.

Kata Abid, saat ini pemasaran Kipang Pulut miliknya sudah sampai ke pulau Jawa.

"Pemasarannya yaitu Pasaman, Bukittinggi, Payakumbuh, Padang, Medan, Aceh, Jakarta dan Jogyakarta. Makanya setiap bulannya kami menghabiskan enam ton beras pulut dengan bantuan karyawan sebanyak 12 orang. Semua karyawan digaji sebesar Rp.1,6 juta per bulannya," tambah Abid.

Namun menurut Abid, saat ini pihaknya dikeluhkan dengan mahalnya bahan baku beras pulut yang naik drastis hingga 150 persen dari harga biasanya.

"Saat ini kami dikeluhkan dengan drastisnya naik harga bahan baku beras pulut yang mencapai sekitar 150 persen dari harga biasanya. Kalau biasanya harga beras pulut Rp.11,5 ribu, sementara saat ini mencapai Rp.27 ribu. Kondisi ini jelas menggangu daya beli konsumen di pasaran. Kami sangat berharap pemerintah bisa mengatasi kondisi ini,"ungkapnya.(Heri/Anto,)

  • Whatsapp

Index Berita