Komnasdik Jawa Timur: Siapkan Generasi Muda Kertosono yang Unggul dan Bermartabat

indonesiasatu, 26 Aug 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Komisi nasional pendidikan (Komnasdik)  Provinsi jawa Timur mendapat kesempatan hadir dan memberikan motivasi kepada 1100 siswa SMA Negeri Kertosono Kabupaten Nganjuk. Senin ( (26/8/2019) Ketua Komnasdik Jatim Kunjung Wahyudi didaulat menjadi Pembina Upacara Bendera di halaman Sekolah SMA Negeri kertosono. Kunjung Wahyudi didampingi juga pengurusnya tutik Nurhidayati serta  Pengurus Komnasdik Nganjuk Sudjito beserta anggota.

Didepan keluarga Besar SMA Negeri Kertosono dan ribuan siswa siswi, Kunjung menyampiakan apresiasinya serta berkesempatan hadir kembali setelah  29 tahun lulus sebagai Alumni SMA Kertosono yang saat itu duduk di kelas A3 atau IPA 3. Warga kelahiran Kertosono ini, bercerita Banyak kenangan dan pengalaman selama menimba ilmu di SMA Negeri Kertosono yang menjadikan hingga seperti saat ini.

Dalam amanahnya, Kunjung juga menyampaikan kepada siswa siswi berharap generasi penerusnya di SMA Negeri Kertosono ini kelak menjadi calon-calon Pemimpin yg bermartabat pancasila. Namun, tantangan meraih hal itu terhalang virus karakter yang saat ini menjangkiti pelajar. selain itu juga Visi dan misi sekolah ini yang ingin mewujudkan Pendidikan Berkarakter  seperti terpampang di pintu Sekolah . Diantaranya, pertama ,siswa tidak mempunyai tujuan, kedua, tidak disiplin ketiga, tidak memiliki semangat.

Lebih lanjut,  Ketua Komnasdik Provinsi Jawa Timur memberikan motivasi dan solusi dalam menghadapi Virus Karakter diantaranya Konsep Pancasadar yang di adopsi dari Nilai-nilai yang terkandung dari Pancasila.kelima hal tersebut yaitu 1.Sadar Tuhan,berketuhanan yang maha esa 2.Sadar Diri ,memilki derajat/kedudukan dan cita2 yg sama 3.Sadar Hidup,merasa mmiliki tanggjawab terhadap kewajibannya,4.Sadar Masalah,menerima dan menghadapi masalah secara sabar dan bijak 5. Sadar Bahagia,..sbg fitroh manusia utk bersikap dan merasa bahagia dengan apa yang dilakukannya.

“Komnasdik Jatim hadir didunia pendidikan untuk mendukung dalam mewujudkan kualitas dan mutu pendidikan melalui kerjasama peningkatan kompetensi dan prestasi baik bagi Guru/pendidik maupun peserta didiknya” tegasnya.

Menyinggung banyaknya kasus pelaporan orang tua siswa ke pihak berwajib, pasca MOU dengan Polda Jatim beberapa waktu yang lalu, Ketua Komnasdik menyatakan siap memberikan advokasi kepada pendidik yang memiliki permasalahan hukum dalam kaitanya dengan proses pembelajaran. Selain itu, Komnasdik juga konsen terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui P4GN dan Penguatan Nilai-nilai Pancasila pada kehidupan dan aktifitas di Sekolah-sekolah.

Selain menjadi Pembina upacara, Komnasdik Provinsi jawa Timur juga menjalin kerjasama dengan SMA Negeri Kertosono dalam bentuk Penandatanganan MOU peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan prestasi dan Karakter siswa.

Kepala sekolah SMA Negeri Kertosono Sumiyanto seusai upacara berharap tahap selanjutnya dari MOU ini bisa berlanjut dengan kegiatan-kegiatan dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN Kertosono untuk menjadi Sekolah yang memiliki prestasi tidak hanya tingkat kabupaten tapi juga hingga dikancah prestasi Nasional.

MOU yang digagas SMA Negeri kertosono kali ini juga menggandeng Universitas Ma’arif Hasyim Latif yang diwakili Wakil Rektor IV bidang Kerjasama dan Bisnis Nuning Nurma Dewi, yang juga akan mendampingi SMA Negeri Kertosono dalam bidang Penelitian dan Pengabdian sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru dan tenaga kependidikanya.

Kegiatan penandantanganan MOU SMA Negeri kertosono bersama Komnasdik Provinsi jawa Timur dan Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sidoarjo ini diakhiri penyampaian cinderamata UMAHA baik kepada SMA Negeri Kertosono maupun Komnasdik Provinsi Jawa Timur sebagai wujud sinergitas dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermartabat di Kabupaten Nganjuk pada umumnya dan kecamatan Kertosono pada khususnya.(ans)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu