Tanamkan sejak dini Rukun Islam ke 5, IGRA Kabupaten Nganjuk gelar Manasik Haji RA Se Kabupaten Nganjuk

indonesiasatu, 13 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

NGANJUK - Ribuan siswa siswi Raudlotul Athfal di Kabupaten Nganjuk memadati halaman GOR Bungkarno Nganjuk Selasa (11/9/2019) . Sebanyak 3046 anak mengikuti Gebyar Manasik Haji tingkat RA yang digagas dan dilaksanakan oleh Pengurus Ikatan Guru RA (IGRA) Kabupaten Nganjuk. Manasik Haji anak yang bertemakan Bersatu mewujudkan generasi bangsa yang berakhlakul karimah dengan nilai keislaman ini diikuti 108 Lembaga Sekolah Raudhotul Athfal dan Kelompok Pengurus IGRA yang terbagi 5 IGRA di Kabupaten Nganjuk.

Selain program Manasik Haji tingkat anak, PD IGRA Nganjuk juga memberikan santunan kepada 75 anak Yatim yang tersebar dari sekolah IGRA yang berada di bawah naungannya.Kegiatan yang merupakan program Tahunan IGRA Kabupaten Nganjuk dengan menggandeng peran serta pihak swasta sebuah Produk salah satu Supplemen Multivitamin anak ini dihadiri Kepala Kantor Kemenag Nganjuk Drs. H. Taufiqurrohman, M.Ag beserta Jajarannya dan Pengurus IGRA Kabupaten Nganjuk.

Nor Cholis selaku ketua Panitia Gebyar Manasik Haji mengatakan Program IGRA ini bertujuan secara umum berupaya mengembangkan potensi anak agar menjadi mandiri, beriman, sehat, jujur, cerdas dan berkahlakul kharimah.

“Manasik juga diharapkan sebagai menjadi wadah pembinaan dan unjuk prestasi dibidang keagamaan menuju insan yang berbudi serta mampu meningkatkan ukhuwah islamiyah diantara siswa RA dan masyarakat”ujar Nor Cholis.

Gebyar Manasik Haji dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag Nganjuk yang melalui sambutan dihadapan ribuan peserta mengaku memebrikan apresiasi dan bangga kepada IGRA dalam menggagas acara yang meriah ini serta memotivasi anak RA nantinya ini mampu dan bisa menjalankan Ibadah Haji secara nyata dan sesungguhnya. Pembukaan secara resmi ditandai dengan pelepasan balon diudara sebagi symbol dimulainya acara manasik haji tingakt RA se Kabupaten Nganjuk.

Kegiatan Manasik haji yang bisaanya dilaksnakan oleh calon jamaah haji dewasa ini terlihat menjadi sesuatu hal yang baru dan istimewa bagi anak-anak yang masih dini dan semngat meski dibawah terik matahari dan kondisi dilapangan terbuka. Dengan berpakaian serba putih layaknya jamaah haji, Rangkaian Manasik Haji mulai prosesi wukuf di Padang Arafah, Lempar Jumrah dimulai dari Ula, Wustho, dan Aqabah, Thawwaf di replika Ka’bah, minum air zam-zam , Prosesi manasik haji kecil dan diakhiri dengan tahalul (potong rambut) dilakukan dengan meriah dan penuh suka cita dan tertib oleh anak-anak siswa RA yang dikelompokkan berdasarkan kelompok wilayah IGRA.

Ketua IGRA Kabupaten Nganju Siti Aminah saat ditemui dilokasi mengatakan mengaku senang melihat semngat dari peserta didik dilingkungan RA se kabupaten Nganjuk dan berharap melalui kegiatan seperti ini siswa RA sejak dini telah mengenal Rukun islam ke 5 yaitu ibdah haji secara nyata/riil sepertihalnya yang dilaksnakan oleh para jamaah haji. Selain itu, penguatan kepedulian terhadap sesame dan memperkuat ukhuwah islamiyah juga tertanam secara baik kepada generasi Islami Raudhotul Athfal di Kabupaten Nganjuk.

Salah satu Guru RA El Faraby Prambon, Siti Faizatul Mufidah mengatakan gebyar manasik haji ini sangat bagus dalam memperkuat serta memberikan motivasi bagi anak terhadap Rukun Islam. Ditambahkannya, meski diikuti ribuan siswa pelaksanaan manasik haji berjalan dengan tertib dan lancar.(ans)

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu